Tuesday, July 16, 2013

Tips Membuat Brownis Panggang Lezat


Brownies panggang yang lezat bertektur kering di luar dan basah di dalam. Pernah melihat sawah yang retak-retak karena kemarau? Nha begitulah penampakkan bagian luar brownies yang lezat dan menggoda. Bagaimana ya membuatnya? Berikut adalah tips dan trik membuat brownies panggang yang lezat yang disarikan dari majalah SEDAP:









  1. Menggunakan Cooking chocolate yang lebih banyak dari margarin
  2. Penggunaan gula juga banyak maka brownies tetep manis walopun pake coklat yang banyak.
  3. Lelehkan margarine di atas api kecil,tidak perlu sampai mendidih kayak minyak goreng ya. Lalu matikan api dan masukkan cooking chocolate yang telah disisir ke dalam margarin. Aduk sampai coklat leleh. Margarin dan coklat leleh ini digunakan setelah dingin untuk mendapatkan efek pecah-pecah di bagian luar brownies nantinya.
  4. Pengocokan telur jangan lama-lama, cukup 2 menit. Bahkan kadang saya hanya menggunakan whisk,bukan mikser. Kalo ngocoknya terlalu lama, brownies tidak datar, akan melengkung. Jelek deh pokoknya. Aku dah ngalamin niiih.
  5. Campuran margarin dan coklat dituang ke telur terlebih dahulu sebelum dituang ke dalam terigu.Setelah margarine,coklat dan telur tercampur, baru masukkan terigu agar teksturnya terlihat rapat nantinya.Tidak seperti cake, dimana terigu masuk terlebih dahulu dari margarin.
  6. Mengoven brownies cukup lama karena adonannya sangat basah, Hal ini disebabkan penggunaan cooking chocolate yang banyak. Tapi jangan sampai gosong, cara mengetes kematangan tidak seperti cake yang menggunakan tusuk sate atau lidi. Brownis ini akan tetap basah karena ketika panas coklat akan tetap cair, tidak membeku jadi ketika ditusuk sate maka tusuk sate akan tetap basah. Maka cukup dilihat dari bagian permukaan brownies saja.
  7. Setelah dingin baru dipotong. Lebih enak apabila disajikan sehari setelah dibuat.

Related Post:

No comments:

Post a Comment