Tuesday, July 16, 2013

Tips Membuat Brownis Kukus Lezat


Sudah berapa kali anda membuat brownies, apakah ini yang pertama ? Atau sudah untuk kesekian kali nya ? Agar Anda sukses membuat brokus, simak tips sederhana berikut;










  1. Tim cokelat masak (cokelat pekat, susu atau putih) dan mentega/margarin sehingga lemak benar-benar meleleh, Nah.. baru dimasukkan pasta cokelat atau essens nya.
  2. Kocok terlebih dahulu telur dan gula pasir hingga rata, kemudian masukkan cake emulsifier (SP, TBM atau Ovalet), Kamu kocok lagi hingga adonan kental dan mengembang. siip kita lanjut tips ketiga
  3. Saat memasukkan tepung, sebaiknya sambil di ayak agar adonan tidak menggumpal. Selalu memasukkan cokelat bubuk di akhir pengadukan agar aroma cokelat tetap terasa.
  4. Saat mencampur adonan dengan mentega leleh, aduk hingga benar-benar rata hingga ke bawah kom adonan agar brokus bagian bawah tidak basah. kalo basah akan jadi lembek tentunya
  5. Kemudian Oles loyang dengan margarin atau margarin putih baru lapisi dengan kertas roti/parchment paper (tidak perlu sekeliling loyang dilapisi kertas roti, cukup bagian bawah/dasar loyang saja)
  6. Jika ingin membuat homemade brownies kukus lapis, tuang adonan setengah bagian loyang lalu kukus setengah matang, taburi isi lalu tuang dengan adonan hingga penuh dan kukus kembali hingga matang
  7. Saat membuat home made brownies kukus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan, penambahan isi sebaiknya dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan (jika kurang nyaman karena uap panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan).
  8. Ini yang penting dan kadang suka lupa … pastikan air kukusan brownies cake sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap. Lapisi tutup kukusan dengan serbet atau sapu tangan handuk, meskipun kukusan sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air yang berlebih
  9. Ketika loyang dimasukkan ke dalam kukusan, kecilkan api dan selalu gunakan api sedang. Api besar berpengaruh terhadap hasil akhir brownies homemade yaitu hasil jadi permukaan brownies kukus bergelombang. (yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetap mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak)
  10. Brokus yang sudah matang, sebaiknya langsung dikeluarkan dari kukusan. Diamkan sebentar lalu segera dikeluarkan dari loyang (jika terlalu lama di dalam kukusan, meskipun tutup kukusan sudah dibuka, bagian bawah brokus akan basah) kena uapan air.
  11. Jangan melepas kertas roti jika brokus belum benar-benar dingin agar sisi brokus tidak rusak jika kertas roti dibuka saat brokus masih panas. 
  12. Jika brokus tidak habis sekali santap atau untuk bisnis brownies delivery, Anda dapat menyimpannya dalam lemari es dengan dibungkus kantung plastik atau kotak kue. Jika ingin menyantapnya, cukup dikukus sebentar selama 5 – 10 menit atau dihangatkan sebentar dalam rice com.
  13. Selamat membuat brokus, semoga berhasil dalam bisnis brownies delivery.

Related Post:

No comments:

Post a Comment